Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Kenali Penyebabnya

Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Kenali Penyebabnya - Masalah Halitosis atau yang biasa kita sebut Bau Mulut ternyata sudah menjangkin manusia dari berabad abad atahun yang lalu. Mungkin terkadang anda tidak menyadari bahwa anda memiliki mulut yang bau. Anda hanya harus menunggu kebaikan teman anda untuk memberitahukan apakah anda bau mulut atau tidak. Tapi kebanyakan orang enggan mengatakannya. Terus Bagaimana caranya mengetahui kita bau mulut atau tidak? ini dia ada beberapa tips yang dapat abda gunakan :

Cara Ampuh Menghilangkan  Bau Mulut

Cara Mengetahui Bau Mulut

Ada 9 cara untuk mengetahui apakah mulut anda bau atau tidak
  1. Coba tanyakan, hal ini dapat anda lakukan pada teman terdekat anda yang lebih sering senderung berkata jujur. Jika sulit coba perhatikan gerak gerik orang yang sedang berbicara pada anda, Apabila orang - orang cenderung menjauhi anda ketika berbicara tanyakan pelan - pelan karena mungkin orang tersebut tak ingin membuat kita malu.
  2. Menggunakan Kit, jika anda malu untuk bertanya pada teman anda,cobalah beli Kit diapotik dan gunakan pada air liur anda. jika warnanya berubah menjadi biru berarti anda memiliki masalah bau mulut.
  3. Cobalah Jilat pergelangan dalam tangan anda anda. Tunggu hingga 1 menit dan cium aromanya jika bau berarti anda memiliki masalah dengan Halitolis.
  4. Cara lainuntuk mengetahui anda bau mulut atau tidak adalah dengan merasakannya sendiri dengan perasaan anda. Mungkin anda tidak bisa mencium bau mulut anda sendiri namun pasti anda dapat merasakan mulut anda tidak enak. bisa jadi itu adalah pengaruh bau mulut anda.
  5. Uji Halimeter, Cara terbaik memeriksa masalah bau mulut adalah dengan secara langsung pergi kedokter dan melekukan uji halimeter.
  6. Gunakan Kapas untuk menyeka air liur anda. Cium baunya dan dan lihat warnanya. Jika Bau maka berarti anda memiliki nafas yang bau apalagi kalau berwarna kuning itu lebih berbahaya lagi.
  7. Uji bau mulut anda dengan Benang, anda bisa mengtahui nafas anda segar atau tidak jika mengosokan benang diantara gigi paling belakang lalu cium aromanya. Hal ini karena kebanyakan bau mulut terjadi ketika penumpukan disela sela gigi. 
  8. Bercerminlah didepan kaca, julurkan lidah anda dan lihat apakah terdapat bnyak warna putih dilidah anda? jika ia ada kemungkinan anda memiliki bau mulut yang tidak sehat.
  9. Untuk yang terakhir mengetahui bau mulut dengan bantuan sendok. caranya, gosok sendok pada bagian lidah anda. lihat adakah warna putih yang menempel pada sendok? apabila ada Coba cium aromanya? jika bau berarti anda kemungkinan memiliki nafas yang bau.

Penyebab Bau Mulut

Terus sebenarnya apa yang menyebabkan mulut atau nafas kita menjadi bau? kenapa bisa mulut tetap bau padahal sudah menyikat gigi?

1. Mulut Kotor

"90 % dari bau mulut berasal dari mulut itu sendiri, baik dari makanan yang anda makan ataupun dari bakteri yang sudah ada" Menurut Dr. Richard H dari Price for American Dental Association."Bau Mulut adalah seperti hasil bau dari badan mikroba yang hidup dalam tubuh"
Berarti bakteri yang biasanya hidup dalam mulut berinteraksi dengan partikel makanan, darah, jaringan dll. Untuk menciptakakn Volatil atau bau. Jika anda tidak membersihkannya dengan benar bakteri akan berkumpul dan membangun bau pada nafas anda.

2. Mulut Tidak Seimbang

Kondisi mulut tertentu dapat memperburuk pertumbuhan bakteri dan bau seperti penyakit gusi dan mulut kering. Penyakit gusi dapat mengakibatkan gusi berdarah sehingga membuat lebih banyak unsur bakteri membusuk. Sedangkan mulut kering merupakan faktor utama penyebab bau mulut. 

3. Makanan Berbau

Nah ini ni yang pai sering terjadi, ketika seseorang makan makanan yang bau maka otomatis mulut juga akan menjadi bau. contohnya, makan jenkol, pete, bawang dll. Bahkan ternyata jika anda memakan makanan yang bau bukan hanya mulut anda yang akan menjadi bau tapi mungkin tubuh juga akan menjadi bau. hal ini diakibatkan makanan masuk dan dialirkan keseluruh tubuh.

4. Tidak Cukup Karbohidrat

Tidak Cukup karbohidrat dapat menjadi salah satu faktor penyebab bau mulut. Hal ini dikarenakan ketika kita tidak cukup karbohidrat tubuh kita akan membakar lemak yang disimpan sebagai bahan bakar energi. Sehingga menyebabkan kondisi yang biasa disebut Ketosis dan sayangnya ketosis membuat bau mulut mejadi tidak sedap.

5. Penyakit

Kadang - kadang bau mulut bisa jadi tanda dari suatu penyakit yang lebih serius. Penyakit seistemik yang biasa ditandai dengan bau mulut adalah Diabetes. Diabetes juga dapat menyebabkan ketosis, dan bau mulut yang dihasilkan bisa menjadi diagnosis.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

Sebenarnya Obat yang terbaik adalah dengan Obat Bau Mulut Tradisional karena efek sampingnya sangat kecil dan juga sangat bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk menghilangkan bau mulut, diantaranya :

1. Perbanyak Minum Air Putih


Air Putih Obat Bau Mulut TradisionalPercaya atau tidak dehidrasi merupakan salah satu penyebab paling umum dari bau mulut. Banyak orang minum terlalu sedikit untuk menangkal bakteri didalam mulut yang bertanggung jawab terhadap baunya mulut. Minumlah air meneral atau air putih sehari 8 gelas bahkan harus lebih agar mulut anda tetap terasa segar.

2. Memakan Makanan yang Mengandung Zinc

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Zinc
Penyebab umum lainnya dari halitosis adalah kekurangan mineral zinc,yang biasa membantu menjaga kebersihan mulut dan yang membebaskan dari bakteri mulut. Makanlah beberapa makanan yang banyak mengandung zinc contohnya Alpukat, pisang dll.

3. Gunakan Ramuan Herbal

Bau mulut juga berasal dari racun dalam tubuh. Penting untuk secara teratur membersihkan tubuh kita dari berbagai macam racun. Untuk itu kita bisa membuat sebuah ramuan herbal yang dapat membasmi racun dalam tubuh contohnya seperti seledri, peppermint, ubi jalar dll

4. Memakan Buah dan Sayuran yang Renyah

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Seledri

Makanlah lebih banyak wortel, apel, dll. buah - buahan dan sayuran organik yang kaya akan serat akan bermanfaat dan mampu memerangi bau mulut. Jadi perbanyaklah makan belimbing juga untuk Obat Bau Mulut.

5. Kumur dengan Air Garam

Cara Alami menghilangkan Bau Mulut dengan Air Garam

Berkumur dengan air dan garam sangat berguna sebagai kombinasi untuk membantu menghilangkan bakteri dari tenggorokan dan amandel. 




Cara Mencegah Bau Mulut

Setelah mengetahui cara memeriksa bau mulut, Penyebabnya dan cara menanganinya sekarang kita harus tau cara mencegahnya. Agar bau mulut tidak datang lagi kepada kita setiap saat. Cara Mencegah Bau Mulut antara lain  :

  • Sikatlah gigi dengan benar.
  • Gunakan benang untuk mengangkat dan membersihkan plak yang ada pada gigi.
  • Hindari makanan ang memiliki bau menyengat.
  • Makanlah makanan yang berserat tinggi atau kaya dengan vitamin c
  • Hindarilah Merokok.
  • Lakukan pemeriksaat ke dokter.
  • Minum banyak air.
  • Kunyah permen karet bebas gula atau yang mengandung mint.
  • setelah sikat gigi pakakilah obat kumur.
Nah sekarang sudah taukan Cara Mengatasi Bau Mulut dan Penyebab Bau Mulut. Tetaplah selalu menjaga kebersihan mulut. Karena itulah faktor utama yang akan membuat mulut anda lebih sehat dan nafas segar. Cukup sekian artikel saya kali ini. Tunggu artikrl -artikel yang selanjutnya, Terimakasih.