Cara Merawat Kulit dengan Mengenali Jenisnya

Cara Merawat Kulit dengan Mengenali Jenisnya - Memiliki kulit yang cantik putih bersih pastinya sudah menjadi idaman setiap wanita. Bukan hanya akan memperindah tampilan anda namun juga akan memberikan kepercayaan diri tersendiri bagi anda. Apa lagi dengan adanya tren ala korea dengan kulit putih mulus menjadi keinginan setiap orang bahkan pria sekalipun. Namun apakah anda tau setiap orang memiliki kulit yang berbeda? sehingga harus melakukan perawatn yang berbeda pila pada setiap jenis kulit?.

Cara Merawat Kulit Menjadi cantik
Cara Mengenali Jenis Kulit

Banyak orang yang menginginkan kulit putih bersih cantik terawat namun ia tidak mengetahui apa jenis kulitnya. Akhirnya terjadi ketidak ccocokan dan mengakibatkan kulit terkena alergi. Ditambah maraknya produk kosmetik yang berdatangan dari luar negri khususnya dari korea yang notabennya memiliki produk kecantikan terbaik didunia. Tapi tau gak bahwa produk - produk tersebut belum tentu cocok di kulit anda?. Timbulah banyak pertanyaan Bagaimana cara merawat kulit yang baik dan benar serta cara memilih produk sesuai jenis kulit kita.

Jenis Kulit Secara Umum

  1. Kulit Sensitif,  Untuk orang yang memiliki jenis kulit sensitif awas hati - hati dalam memilih produk kecantikan atau kosmetik. Karena Kulit ini sangat mudah mengalami gangguan disebabkan tidak cocoknya kosmetik, perubahan suhu, maupun kelembapan udara.
  2. Kulit Reaktif, yaitu jenis kulit yang selalu mengalami perubahan akibat lingkungan tetapi terkadang diketahui apa penyebabnya. Namun akan kembali normal ketika saatnya tiba dan dalam jangka waktu yang tidak lama.
  3. Kulit Alergi, Jenis kulit ini berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang kita ketahui setiap orang memiliki produksi imun yang berbeda - beda. Akibatnya ketika sistem kekebalan tubuh tidak mampu berfungsi dengan baik kulit bisa mengalami alergi yang hebat. alergi dapat ditandai dengan adanya ruam pada kulit, bintik - bintik kemerahan dan terasa gatal.

Cara Merawatnya

Untuk orang yang memiliki kulit sensitif dan alergi dianjurkan unuk berkonsultasi dengan Dokter dalam pemilihan kosmetik atau bahkan makanan yang harus dimakan. Hal ini sangat disarankan karena apabila tidak dan anda ceroboh memilih kosmetik atau memakan makanan yang membuat alergi mungkin akan mengakibatkan kerusakan pada kulit.

Jenis Kulit Wajah

  1. Kulit Normal, Orang yang memiliki kulit yang normal cenderung tidak memiliki banyak masalah. Kulitnya terlihat lebih lembut, cerah, sehat, kelembapan cukup, tidak kering dan pori - pori nampak namun tidak terlalu besar.
  2. Kulit Berminyak, Ciri - ciri orang yang memiliki kulit yang berminyak antara lain kulit memproduksi banyak minyak, terlihat mengkillat, dan pori - pori terlihat bersar. Kulit jenis ini sering mengalami banyak permasalahan seperti jerawat, kotor dll. Sehingga harus sering dicuci dan dirawat. Namun ada juga keuntungannya yaitu kulit lebih terlihat awet muda karena tidak mengalami kekeringan.
  3. Kulit Kering, kulit ini sangat sedikit memproduksi minyak sehingga kulit ini terlihat kencang dan kering. Namun kulit ini akan cepat terlihat berkeriput dan bahkan bisa terlihat seperti bersisik. Kulitnyapun bisa terlihat lebuh tua dibanding dengan usianya.
  4. Kulit Kombinasi, untuk jenis ini anda harus berhati - hati dalam memilih produk pembersih karena kulit ini akan sangat mudah dihinggapi jeraawat khususnya pada bagian T yaitu dahi, hidung dan dagu.

Cara Merawatnya

  1. Cara merawat kulit yang normal biasanya bisa memakai berbagai macam pencuci atau pelembab dan tidak terlalu bermasalah. Tetapi lebih baik tetap memcuci dan membersihkan kulit karena kulit dapat berubah kapan saja akibat polusi disekitar kita.
  2. Cara merawat kulit berminyak Pilih produk yang mampu mengurangi produksi minyak karena apabila salah kulit malah akan memproduksi minyak lebih banyak. Biasakan membawa tisu baik tisu basah ataupun kering untuk membersihkannya ditempat kerja atau dimanapun anda berada.
  3. Cara merawat kulit kering, kebalikannya dari kulit berminyak pilih pencuci yang dapat melembabkan kulit dan jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab kemanapun anda pergi. 
  4. untuk yang terakhir Kulit kombinasi sebaiknya anda sangat berhati - hati dalam memilih kosmetik. Ketika anda merasa anda kurang cocok dengan suatu produk maka segeralah ganti produk tersebut. Untuk cara amannya pergilah kedokter kulit dan dengarkan sarannya.

Faktor Penyebab Perubahan Kulit

  1. Keturunan, Kulit kita tercermin dari kulit kedua orang tua kita. Ketika seseorang memiliki orang tua ang memiliki kulit putih, halus maka anaknya juga tidak akan jauh begitu pula sebaliknya.
  2. Hormon, kadar produksi hormon seseorang dapat menyebabkan banyak perubahan contohnya ketika wanita yang sedang mengalami menstruasi berkemungkinan akan memiliki jerawat. Tetapi selain itu, hormon juga mampu membantu kulit beregenerasi.
  3. Alergi, ingat yang memiliki alergi harus berhati - hati karena ketika alergi kita kambuh akibat sesuatu akan menyebabkan banyak perubahan bagi kulit dan bahkan berbahaya bagi tubuh.
  4. Iklim, ketika cuaca disekitar dingin atau kering maka kulit akan cenderung kering karena kulit banyak menyerap kandungan air. sedangkan pada cuaca yang panas kulit akan lebih banyak memproduksi minyak.
  5. Stress, Faktor psikologis merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit. ketika seseorang mengalami stress akan mebgakibatkan insomnia, banyak makan dll yang dapat merusak kulit.

Warna Kulit dan Hal - hal yang Mempengaruhinya

Warna kulit tergantung pada pigmen melanin yang diproduksi. Hal ini mengakibatkan kulit menjadi berfariasi ada yang berkulit hitam, sawo matang, putih dll. Jumlah melanin biasanya tergantung pada keturunan. Tetapi sinar matahari juga mampu mempengaruhi perkembangan melanocytes (zat pembentuk melanin) semakin lama kita terkena ssinar matahari secara langsung semakin cepat pula pertumbuhan melanin dan akhirnya membuat kulit kita menjadi gelap.

Nah sekarang kita suda taukan berbagai macam jenis kulit, sisanya tergantung kita memiliki jenis kulit seperti apa dan cocokan dengan cara perawatannya di jamin wajah anda akan sehat bersih putih alami. untuk hari ini cukup sekian dulu penjelasan saya mengenai Cara Ampuh Merawat kulit. Terimakasi telah berkunjung