10 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

10 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami - Adakalanya ketika anda melihat wajah dicermin terlihat putih mulus bebas jerawat. Namun ketika melihat lebih dekan lagi kecermin dan anda melihat Komedo dibagian itu sangat tidak enak dilihat. Pasti anda ingin menghilangkannya dengan memencetnya namun sangat susah dan menyakitkan. Walaupun ukurannya sangat kecil namun dapat sangat mengganggu. yuk kita intip info lebih lengkap mengenai komedo agar bisa mengatasinya.

Cara Alami menghilangkan komedo
Cara Alami Menghilangkan Komedo

Apa itu Komedo?

Komedo merupakan bitik - bintik gelap yang muncul pada permukaan kulit. Pori - Pori ditutup oleh komedo yang dapat berupa puing - puing kulit atau keratin dan zat berminyak. Komedo sering terjadi, terutama pada bagian wajah dan hidung. Hal ini biasa di alami oleh para remaja yang cenderung memiliki kulit berminyak. Komedo juga dapat disebut sebagai tahap awal jerawat, sebelum bakteri memasuki kulit yang tersumbat.

Penyebab Umum Komedo

  • Stress
  • Perubahan Hormonal
  • Keturunan
  • Kulit yang Kotor
  • Merokok
  • Cafein
  • Alkohol
Ikuti beberapa tips dibawah ini untuk membersihkan pori - pori kulit dan mengusir komedo. Tips menghilangkan komedo ini dapat dilakukan dengan mudah dan tidak memerlukan bahan yang mahal ataupun sulit dicari. Silahkan mencoba tips dibawah ini :
  1.  Tomat, Tomat meilliki kandungan antiseptik alami yang mampu mengurangi komedo. Ambil 1 buah tomat kupas dan tumbuk dalam sebuah wadah. Terapkan pada Komedo sebelum tidur. Esok paginya segera cuci dengan air bersih.
  2. Lemon, Lemon merupakan bahan alami yang mampu mengobati komedo. Peras bebrapa tetes lemon kedalam mangkuk. Tambahkan sedikit garam aduk hingga tercampur rata. Cuci wajah anda dengan air hangat. Oleskan perasan lemon tadi dan diamkan selama 20 menit. Stelah itu, cuci kembali wajah anda dengan air hangat.
  3. Pasta Gigi, Mungkin ini agak aneh mengoleskan pasta gigi untuk mengobati komedo, namun cara ini juga patut dicoba. caranya cukup tempelkan pasta gigi pada komedo dan diamkan selama 25 menit. Lalu bilas dengan iar hangat hingga bersih.
  4. Madu, Madu memiliki sifat antiseptik yang ajaib sehingga mampu menghilangkan komedo dan mengurangi kulit berminyak. Cobalah oleskan madu pada bagian yang berkomedo diamkan 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
  5. Baking Soda, Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta. oleskan secara halus pada bagian yang berkomedo. Biarkan beberapa menit hingga kering lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.
  6. Yogurt, Yogurt sangat baik untuk kulit dan dapat mengusir komedo. Campur 2 makan oatmeal dan 3 sendok yogurt, tambahkan 1 sendok makan perasan lemon dan minyak zaitun. Campur semua bahan hingga berbentuk seperti pasta. oleskan pada wajah yang terdapat komedo, diamkan 10-15 menit bilas dengan air dingin.
  7. Putih Telur,ternyata juga mampu menghilangkan komedo karena mampu memperkecil pori - pori pada kulit dan mengeluarkan kotoran sehingga membuat kukit anda lebih halus. Caranya, kocok putih telur campur dengan madu. oleskan pada wajah diamkan beberapa menit hingga kering lalu bilas dengan air hangat.
  8. Kayu Manis, Campurkan Kayu manis dengan madu yang mengandung antioksidan. tempelkan pada komedo. Diamkan dan bilas dengan air hangat.
  9. Kunyit dan Daun Mint, Kedua rempah - rempah ini biasanya tersedia didapur. Bukan hanya enak dijadikan pelengkap masakan anda numun ternyata juga dapat mmembantu membersihkan pori - pori kulit dari komedo. Caranya cukup buat teh dari daun mint dengan sedikit air lalu campurkan dengan parutan kunyit, diamkan dan bilas dengan air.
  10. Teh Hijau,  teh hijau sangat bagus untuk diminum dan sangat bagus untuk menyegarkan kulit wajah anda. Teh hijau dapat dibuat menjadi sebuah scrub alami dengan nutrisi antioksidan yang sangat tinggi dan mampu memngurangi komedo. Caranya, tumbuklah teh hijau tempelkan dan pijat  pada wajah lalu diamkan 5 menit dan bilas dengan air hangat.

Cara Mencegah Datangnya Komedo dan Mencegah Membuatnya Menjadi Lebih Parah

  1. Jangan mencoba mencabut komedo dengan jari tangan anda. karena akan memperparah komedo menjadi lebih parah dan banyak. 
  2. Jangan membeli produk pencabut komedo dan jangan mencabut komedo dengan itu. Pertanyaannya kenapa tidak boleh? Hal ini disebabkan alat pencabur komedo belum tentu bersih dari kuman dan kotoran.Bahkan kalau anda tidak ahli dalam menggunakannya mungkin malah akan melukai wajah anda.
  3. Cucilah wajah anda sehari dua kali. Mungkin pengaruh anda memilki komedo adalah wajah anda yang kotor dan kurang terawat sehingga membuat penumpukan kotoran pada pori - pori.
  4. Cucilah sarung bantal anda minimal seminggu sekali. Ini sangat diperlukan kaarena mungkin bantal anda sudah sudah menyerap banyak minyak berlebih pada kulit anda ketika sedang tidur. Sehingga apabila digunakan secara terus menerus malah akan membuat kembali menumpuk kewajah anda.
  5. Jangan sering menyentuh wajah anda. Pada tangan terdapat berbagai macam kuman yang tidak terlihat dan diketahui. sehingga walaupun anda tidak memiliki komedo ataupun jerawat tetap hilangkan kebiasan menyentuh wajah.
Itulah beberapa Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami. Lakukanlah secara rutin dalam 1 bulan atau lebih maka pasti komedo diwajah anda akanmenghilang dan tak akan muncul lagi apabila wajah terus dirawat.